Senin, 29 Mei 2017

Artikel Film Animasi

Artikel Film Animasi

Bicara soal bidang multimedia pasti tidak luput keterkaitannya dengan animasi. Di Indonesia sendiri ada beberapa film animasi karya anak bangsa yang tidak kalah menariknya dengan film animasi buatan negara lain. Semakin dengan berjalannya waktu,aplikasi yang digunakan pun cukup beragam.Dalam blog saya kali ini saya akan mengangkat beberapa animasi karya anak bangsa dan produksi luar negeri.Berikut adalah beberapa film animasi yang saya jadikan untuk artikel saya kali ini :

1.Rise Of The Guardians
        Rise of the Guardians adalah film fantasi animasi komputer 3D  Amerika Serikat tahun 2012.Diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh Paramount Pictures, film ini dirilis pada 21 November 2012 dan menerima ulasan positif, tetapi gagal untuk masuk box office yang menyebabkan kerugian studio hingga $83 juta dan PHK 350 karyawan.
        Disutradarai oleh Peter Ramsey, sementara Joyce dan Guillermo del Toro adalah produser eksekutif dengan akting suara oleh Chris Pine, Alec Baldwin,Hugh Jackman,Isla Fisher, dan Jude Law.Dibuat di negara Amerika dan diproduksi oleh DreamWorks Animation.

Jack Frost (Chris Pine), malaikat musim dingin pembuat salju yang tak pernah mengetahui masa lalunya, mendapati dirinya direkrut North The Santa Clause (Alec Baldwin), pimpinan Childhood Guardians, menjadi kandidat termuda lewat petunjuk dari ‘The Man In The Moon’ . Bersama para Elves, E. Aster Bunnymund The Easter Bunny (Hugh Jackman), Tooth The Tooth Fairy (Isla Fisher) serta Sandy The Sandman, mereka harus menghadapi Pitch Black aka The Boogeyman (Jude Law) yang menebar teror ketakutan pada anak-anak seluruh dunia. Walau awalnya menolak, Jack Frost yang sering kecewa karena merasa kesepian atas ketidakpercayaan anak-anak terhadapnya, lama-lama mulai memahami dampak serangan Pitch Black terhadap eksistensi dan kekuatan mereka. Namun Pitch Black juga punya senjata ampuh untuk menghentikan Jack Frost bersama tongkat ajaibnya. Saat semua anak-anak berpaling akibat teror Pitch Black, hanya ada Jamie (Dakota Goyo), bocah kecil yang tetap mencoba bertahan dalam keyakinannya.



2.BigHero6
        Animasi ini dibuat Pihak produser Walt Disney Animation Studios dengan teknologi piranti lunak terbaru untuk membuat animasi visual Big Hero 6. Sejumlah produser sering kali membuat piranti lunak baru sebelum memproduksi film animasi.
Piranti lunak ini dinamakan Denizen yang digunakan untuk membuat 700 karakter orang di dalam kota. Piranti lunak lainnya dinamai Bonzai yang bisa membuat 250 ribu pohon.
Tidak hanya itu, Walt Disney juga membangun sistem sistem render bernama Hyperion yang bisa memproses pembuatan film, plus membuat cluster super komputer untuk menangani hal ini.
Ada 2300 komputer yang mendistribusikan data tersambung dengan empat pusat data, tiga berada di Los Angels dan satu lagi di San Fransisco.
     
         Animasi ini dibuat oleh duo sineas, Don Hall dan Chris Williams.Dibuat di negara Amerika dan di produseri oleh Walt Disney Animation Studios.Film Big Hero 6 dirilis pada akhir Oktober 2014 di Jepang dan awal November di Amerika Serikat.Film animasi ini diisi suaranya oleh Scott Adsit, Ryan Potter, Daniel Henney, T. J. Miller, Jamie Chung, Damon Wayans, Jr. dan Genesis Rodriguez.
     
        Big Hero 6 bercerita tentang Hiro Hamada menyenangi permainan adu robot. Namun semua itu berubah ketika kakaknya memperkenalkan universitas.Saat dia mulai tertarik, kakaknya malah meninggal dalam sebuah kebakaran. Hiro berupaya mengungkapnya bersama dengan Baymax, robot ciptaan kakaknya.Tidak hanya itu, Hiro mendapatkan bantuan dari sejumlah rekan-rekan kakaknya seperti GoGo Tomago, Wasabi, Honey Lemon, dan Fred. Hiro mengembangkan Baymax dari robot kesehatan menjadi robot pembela kebenaran.Mereka berupaya mengungkapkan keterlibatan seorang penjahat bertopeng yang berhasil memanfaatkan mikro robot ciptaan Hiro.

3.Upin Ipin
       Animasi Upin dan Ipin di buat dengan software dari salahsatu product dari Autodesk yaitu Auto Maya (Autodesk Maya).Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Selain Maya software-software yang digunakan untuk proser pembuatan animasi Upin dan Ipin ini adalah : Photoshop, After Effect, Software Audio Video, Software pengolah audio dan Plugin-plugin kecil.
   
      Animasi ini dibuat oleh pendiri perusahaan produksi film dan animasi LES 'Copaque yang menayangkan acara Upin & Ipin, Burhanuddin Radzi dan Ainon.Animasi ini dibuat di negara Malaysia.
      
      Upin dan Ipin merupakan sepasang kembar berusia belia yang tinggal bersama Kak Ros dan Mak Uda (biasa dipanggil Opah) di Kampung Durian Runtuh setelah kematian kedua orangtua mereka sewaktu masih bayi. Upin dan Ipin bersekolah di Tadika Mesra yang terletak dalam kawasan kampung, di mana mereka berteman dengan banyak teman yang bermacam-macam tingkah lakunya, seperti Mei-mei yang imut dan berkepribadian cerdas, Jarjit Singh yang gemar membuat humor dan membuat pantun, Ehsan yang cerewet dan suka makan, Fizi (sepupu Ehsan) yang penuh keyakinan diri tetapi suka mengejek orang lain, dan Mail yang berkemampuan untuk berjualan, suka melamun dan mengantuk karena ia berjualan ayam semalaman dan pandai berhitung. Kampung Durian Runtuh juga didatangi oleh seorang gadis bernama Susanti yang merupakan pindahan dari Jakarta, Indonesia.

4.Doraemon : Stand By Me
   Dibuat dengan animasi 3D Computer Graphics yang bertaraf kelas dunia.Pembentukan karakternya sendiri membutuhkan waktu satu tahun untuk menangkap emosi dan gerakan yang nyata. Selain itu,proses juga ditangani secara seksama agar tidak merusak integritas karya asli.

   Animasi ini dibuat oleh Duo Fujiko Fujio (Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko) membuat Doraemon pada 1969.Dibuat di negara Jepang.Juga di sutradarai oleh Ryuichi Yagi dan Takashi Yamazaki.

    Film Stand By Me Doraemon mengisahkan awal pertemuan Doraemon dan Nobita, si anak kaku berusia 10 tahun. Suatu hari, keturunan keempat Nobita, Sewashi, datang untuk menemui Nobita dari abad 22 bersama robot kucing yang punya berbagai alat canggih dalam kantong diperutnya, Doraemon. Sewashi mengatakan bahwa keluarganya di abad 22 sangat menderita akibat hutang Nobita yang diturunkan pada generasinya.
    Untuk mengubah masa depan, Sewashi memaksa Doraemon untuk membuat Nobita bahagia. Karena Doraemon tidak mau, Sewashi terpaksa mengaktifkan program yang membuat Doraemon harus menjaga Nobita. Jika Doraemon tak bisa membuat Nobita bahagia, ia tak akan bisa kembali ke abad 22. Di sinilah kisah kebersamaan Nobita dan Doraemon dimulai. Tak hanya, membantu Nobita dalam menghadapi segala kesulitan, Doraemon juga berusaha agar Nobita mampu mewujudkan keinginannya untuk menikah dengan Sizhuka.

4.Adit & Sopo Jarwo
    Kepala Rekrutmen dan Promo serial ASJ, Erix Soekamti, mengatakan semua proses pembuatan animasiASJ menggunakan perangkat lunak Blender.
Menurut Erix, banyak kelebihan dari software yang bisa didapat secara gratis itu.Selain mudah, peranti lunak itu juga efisien dan efektif karena tidak perlu membayar mahal untuk sebuah program aplikasi pembuat animasi.
Penggunaan software gratisan, menurut Erix, lebih terpuji ketimbang menggunakan dan mengunduh program animasi bajakan.Hal serupa dikatakan pimpinan kreatif dan penulis cerita ASJ, Eki N.F. Menurut Eki, software Blender buatan orang Belanda itu bisa digunakan oleh siapa pun.
  Film animasi anak-anak yang dirilis pada 27 Januari 2014 di Indonesia dan disiarkan di Trans Tv. Film ini diproduksi oleh MD Animation.Sebelumnya serial ini disiarkan di MNCTV. Selain di MNCTV, serial ini juga sempat ditayangkan di Global Tv, dan pada tahun 2017, serial animasi Adit Sopo Jarwo pindah ke Trans Tv dan mulai tayang pada tanggal 20 Maret 2017.

  Kisah persahabatan antara Adit, Dennis, Mitha, dan Devi serta si mungil Adelya yang kehidupannya diwarnai petualangan tak terduga. Adit berperan sebagai penggerak, motivator, juga inspirator bagi para sahabatnya untuk melewati hari–hari dalam menggapai mimpi pada masa mendatang.
Namun, perjalanan tak semulus jalan tol. Mereka harus berhadapan dengan duo yang selalu mencari celah untuk mendapat keuntungan tanpa usaha, si Sopo Jarwo. Perbedaan paham atau cara pandang merupakan bumbu utama yang memicu “perseteruan” abadi antara Adit Cs dan Sopo Jarwo.
Tapi perseteruan keduanya bukanlah secara fisik maupun secara emosional. Beruntung di antara mereka ada Haji Udin, ketua RW yang telah menjabat selama belasan tahun. Sosok bijaksananya menjadi penengah antara Sopo Jarwo dan Adit Cs. Petuah bijak yang disampaikannya dengan ringan dan lugas mampu mengembalikan suasana gaduh menjadi teduh.


Itulah beberapa animasi karya anak bangsa dan produksi luar negeri.Semakin berkembangnya zaman pastinya juga akan tercipta lebih banyak lagi animasi-animasi yang berkelas.Sebagai penikmat film animasi pastinya kita tetap harus mencintai produk dalam negeri serta produk karya anak bangsa.Mungkin itu saja artikel saya kali ini,semoga bermanfaat untuk kalian,Terima Kasih......

Nama :Catur Diah C.
Kelas : X Teknik Multimedia A
Sekolah:SMK PGRI 1 Ngawi
No.Absen:09

0 komentar:

Posting Komentar