Selasa, 16 Mei 2017

Profesi di Bidang Multimedia

Profesi Bidang Multimedia


Berbicara tentang jurusan multimedia, pasti banyak yang bertanya karir untuk kedepannya seperti apa, dan bidang apa saja yang bisa digeluti setelah menekuni jurusan atau bidang yang satu ini. 
Padahal di lihat dari namanya saja,kita sudah mengetahui cakupan multimedia sangat banyak "Multi (Banyak)".

Di sini kita akan berbicara dan menjelaskan lebih banyak mengenai profesi di bidang multimedia :

1.Script writer
Scriptwriter adalah seorang penulis naskah/penulis skenario.Penulis yang memiliki kemampuan dalam penulisan skenario, bertugas menulis skenario di media massa seperti film,acara televisi,komik atau permainan video.
Image result for script writer
2.Photographer
Fotografer (photographer) atau juru foto adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya. Banyak fotografer yang menggunakan kamera dan alatnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan, dan gambarnya akan dijual untuk cover majalah,cover calender,artikel.
Image result for pengertian photographer

3.Animator
Animator adalah seorang senimanyang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang disebut dengan frame. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti film,televisi,video game dan internet.
Image result for animator
4.Programmer
Programmer ialah Seseorang yang mempunyai keahlian di bidang komputer, Programmer adalah seseorang yang mempunyai pekerjaan menulis dan merancang program-program menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer. Programmer merupakan seseorang atau sekelompok orang yang sudah sangat ahli di Bidang Komputer. Programmer juga bisa diartikan sebagai Seorang yang dapat membuat suatu atau sebuah program dengan sangat bagus dan teratur. Programmer membuat program di komputer untuk memajukan perkembangan teknologi dan membuat dunia teknologi menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Image result for pengertian Programmer

5.Art Director
Penata artistik atau art director adalah sebutan bagi serangkaian profesi serupa dalam teater,periklanan pemasaran,penerbitan,film and televisi,internet dan video game.Secara khusus, penata artistik bertanggung jawab pada keseluruhan penampakan visual dan bagaimana komunikasi visual dilakukan, membentuk mood tertentu, unsur-unsur kontras, dan daya tarik psikologis pada audiens. Penata artistik membuat keputusan mengenai elemen visual yang dipergunakan, gaya artistik yang dipakai, dan kapan gerakan dipergunakan.
Related image
6.Production Designer
Bertanggung jawab atas konsep visual produksi film, televisi atau teater. Mereka mengidentifikasi gaya desain untuk set, lokasi, grafik, alat peraga, pencahayaan, sudut kamera dan kostum, sambil bekerja sama dengan sutradara dan produser.
Image result for production designer
7.Program Director
Adalah manajer senior yang bertanggung jawab atas keseluruhan keberhasilan program. Peran direktur program di perusahaan yang menjual jasa profesional serupa dengan peran manajer produk di perusahaan yang menjual barang berwujud.
Image result for program director tv
8.Production Assistant
Asisten produksi, atau posisi PA, adalah posisi entry level di film atau televisi. Asisten produksi tidak melakukan apa-apa dan segala hal, mulai dari mendapatkan kopi, membuat salinan naskah hingga membolak-balik kru atau peralatan di sekitar kita sesuai kebutuhan.

9.Creative Director
Direktur kreatif adalah lead kreatif di perusahaan periklanan dan pemasaran, bekerja sama dengan perancang, seniman, copywriter, tim penjualan dan pemasar untuk menciptakan visi untuk produk yang dijual. Direktur kreatif merencanakan periklanan, mengawasi proses kreatif dan memberikan panduan kepada orang-orang kreatif yang bekerja di bawah mereka.
Image result for creative director
10.Graphic Designer
Seorang desainer grafis adalah seorang profesional di bidang desain grafis dan industri seni grafis yang mengumpulkan gambar, tipografi, atau grafik gerak untuk membuat desain. Perancang grafis menciptakan grafik terutama untuk media cetak, media cetak atau elektronik, seperti brosur (terkadang) dan periklanan.
Image result for graphic designer
11.Motion Graphic Designer
Desain grafis gerak adalah bagian dari desain grafis karena menggunakan prinsip desain grafis dalam konteks pembuatan film atau video produksi (atau media visual temporal lainnya) melalui penggunaan teknik animasi atau film.

Itulah beberapa profesi dibidang Multimedia,tentunya masih banyak profesi yang lain dari bidang multimedia yang belum diketahui banyak orang,mungkin nanti saya akan membuat blog lengkap mengenai profesi-profesi di bidang multimedia.Cukup sekian artikel dari saya,semoga bermanfaat untuk kalian.....

Nama : Catur Diah C.
No.Absen : 09
Kelas : X Teknik Multimedia A
Asal Sekolah : SMK PGRI 1 Ngawi

1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat, wawasan saya bertambah setelah membaca artikel ini.
    Kenalkan nama saya Panca Prihati 1722500096 dari STMIK Atma Luhur
    Jangan lupa juga kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus